Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

5 Hal Inilah yang Memotivasi Saya Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris, motivasi belajar bahasa inggris, belajar ototdidak, cara belajar bahasa inggris, tips belajar bahasa Inggris,
Ilustrasi sumber

5 Hal Inilah yang Memotivasi Belajar Bahasa Inggris


5 hal inilah yang memotivasi saya belajar bahasa Inggris. Setiap orang pasti punya motivasi dalam belajar, tidak terkecuali belajar bahasa Inggris. 

ika sebelumnya saya sudah menceritakan bagaimana saya belajar bahasa Inggris, kali ini saya akan menceritakan motivasi belajarnya. 

Dewasa ini belajar bahasa Inggris sudah menjadi hal yang wajib dipelajari. Terlepas karena kebutuhan akademik, memperbaiki karir, berpergian ke luar negeri, mempelajari bahasa baru, atau sekedar menambah pengetahuan dan sejumlah alasan lain. 

Setiap orang memiliki motivasi dalam belajar. Saya sendiri memiliki beberapa motivasi dan alasan mengapa saya belajar bahasa Inggris

Sejak di bangku sekolah saya bukan orang yang menyukai bahasa Inggris sehingga sampai selesai dari bangku kuliah pun kemampuan saya berbahasa Inggris bisa dikatakan nol besar. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya mencoba mensharingkan mengapa saya berubah pikiran dan apa saja yang memotivasi saya belajar bahasa Inggris.


Punya Blog Berbahasa Inggris


Ketika saya pertama kali memutuskan untuk belajar bahasa Inggris, hal pertama yang saya pikirkan adalah saya ingin pengunjung blog saya datang dari seluruh dunia

Alasannya sederhana saja karena blog yang membahas topik menggunakan bahasa Inggris lebih memiliki jangkauan yang luas dan potensi yang besar dalam menarik pengunjung dibandingkan dengan blog yang hanya menggunakan bahasa Indonesia

Jika dibandingkan dengan pengunjung blog saya selama ini, kebanyakan berasal dari Indonesia walaupun ada beberapa dari negara tetangga. Berangkat dari sinilah, saya mulai sedikit demi sedikit mengumpulkan energi untuk mempelajari bahasa Inggris secara otodidak. 

Berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan metode pendidikan formal di sekolah, saya mengambil jalan belajar secara mandiri di rumah dengan mengumpulkan materi belajar yang hampir 100% berasal dari internet. 

Walaupun sejauh ini saya belum menulis blog dalam bahasa Inggris tetapi saya tetap optimis bisa mewujudkannya pada suatu saat nanti. 

Jadi sebenarnya keinginan menulis bloglah yang membawa saya mendekat dan mulai mencintai bahasa Inggris setelah sekian lama menghindar dan cenderung membencinya. Thanks for my blog.

Sumber belajar yang lebih luas


Di era teknologi saat ini, sumber belajar bisa dikatakan semakin tidak terbatas baik itu berbayar maupun gratis. Internet adalah media paling bertanggung jawab untuk hal ini. Sumber belajar ini bagaikan tumpukkan harta karun yang waktu menunggu untuk ditemukan. 

Saya telah lama menyadari bahwa ilmu seperti setumpuk harta karun dan untuk mengambilnya, saya harus mempunyai sebuah kunci yaitu penguasaan bahasa Inggris. Selama ini, bahan referensi belajar berasal dari dalam negeri dan beberapa di antaranya adalah hasil terjemahan atau saduran ke dalam bahasa Indonesia. 

Padahal, hampir semua jurnal pengetahuan di tulis dalam bahasa Inggris dan tidak semua diterjemahkan. Dan terkadang terjemahannya pun kacau dan menjadi kalimatnya menjadi ambigu. 

Alasan lain adalah biasanya sumber informasi aslinya lebih akurat dan cepat karena banyak sumber berkualitas yang ditangani langsung oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Jadi rugi rasanya kalau kita hanya menunggu informasi yang diterjemahkan setelah sekian lama keluar.

Bertemu teman baru dari negara lain


Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa komunikasi resmi yang banyak digunakan di dunia. Banyak orang belajar bahasa Inggris untuk menemukan banyak teman dari berbagai belahan dunia ini

Saya pun memiliki hasrat untuk melakukan itu untuk bertemu dengan orang-orang baru dan mengenal mereka lebih dekat. Sekarang banyak sekali bermunculan situs-situs jejaring sosial yang bisa digunakan dan kebanyakan penggunanya berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 

Salah satu situs yang sering saya gunakan adalah INTERPAL. Interpal pada dasarnya adalah situs yang digunakan banyak orang untuk belajar bahasa asing termasuk bahasa Spanyol, Italia, Jerman, Portugis, dll. Di sini saya menemukan banyak orang dengan tujuan serupa dan dapat saling membantu satu sama lain.

Menjalin Komunikasi


Sebenarnya tujuan dari belajar bahasa itu sendiri bagi saya adalah belajar berkomunikasi dengan orang lain. 

Ya, belajar bahasa ibaratnya kita belajar bagaimana mengkomunikasikan apa yang ingin kita sampaikan dan sebaliknya kita akan mengerti dengan arah pembicaraannya

Bagi saya belajar bahasa saat ini bukan lagi untuk mendapatkan nilai yang tinggi di sekolah atau menjadi orang yang paling cepat mempelajari bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris bagi saya bukan lagi sebagai kompetisi tetapi menjadi bagian dari kehidupan. Dan yang penting adalah ini bukan masalah perfect saya berbicara melainkan membangun mental untuk membangun kepercayaan diri untuk bisa mulai bicara dengan orang asing. 

Menurut saya ini bukan sebuah mission imposible dan saya percaya saya dan mungkin juga para pembaca bisa mencapainya.

Mengubah hidup


Saya membayangkan bagaimana rasanya bisa berkomunikasi dengan orang asing yang rata-rata menggunakan bahasa Inggris. Tentu akan berbeda rasanya berkomunikasi dengan orang asing dengan menggunakan bahasa asing. Pasti muncul rasa bangga dan tentu saja dapat mengubah pandangan orang terhadap kita

Sekarang kebanyakan lembaga mewajibkan setiap pendaftar untuk fasih berbahasa Inggris. Tentu saja lembaga seperti ini sudah punya standar yang lebih tinggi daripada lembaga yang lain. Selain itu, ini memungkinkan kita untuk bisa mencari pekerjaan yang lebih baik. 

Saya tidak berharap banyak untuk saat ini tapi saya selalu punya harapan bisa bekerja di lembaga yang bertaraf internasional dan persyaratan yang wajib sejauh ini yang saya tahu adalah bisa berbahasa Inggris. Ini selalu menjadi motivasi buat saya untuk merubah nasib di masa depan.


Kesimpulan


Jadi sebenarnya target saya selain ingin bisa menulis blog dalam bahasa Inggris hanya sekedar bisa bicara dengan lancar bahasa Inggris, lebih jauh saya berharap mendapat kesempatan untuk berkarir di bidang yang lebih baik dan salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah kemampuan berbahasa Inggris. 

Dan sebenarnya belajar bahasa Inggris itu bukan sesuatu yang sulit jika kita mengetahui caranya. 

Namun, motivasi ini tidak akan berkembang dan menjadi kenyataan kalau tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh.


Baca : Cara saya belajar bahasa Inggris di pagi hari





Kalian tentu punya motivasi yang berbeda bukan? 



Silahkan kita sharing-sharing di kolom komentar.

Back To Top type='text/javascript'/>