Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

1001 Hal Bagaimana Bahasa Inggris sudah Mengubah Hidupku?

Halo sobat semua, selamat datang di blog belajar bahasa Inggrisku ini.


Dalam tulisan kali ini saya ingin mereview kembali sejenak pengalaman belajar bahasa Inggris tiga tahun belakangan ini.



Bagaimana akhirnya saya merasakan perubahan dalam diri saya lewat belajar bahasa Inggris.


tips belajar bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, diary belajar bahasa Inggris
via www.pixabay.com



Ya sebagai seorang yang belajar bahasa Inggris secara otodidak, rasanya tidak terasa lho karena semuanya seperti berjalan seiringan tanpa ada beban.



Saya seperti menikmati hidup dari sudut pandang yang lain, dari yang tadinya benci menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.



Banyak hal mulai berubah semenjak keputusan untuk berdamai dengan keadaan termasuk juga beberapa kebiasaan baru.



Contoh paling kentara adalah sekarang saya mulai mengganti channel youtube dari yang tadinya berbahasa Indonesia menjadi yang berbahasa Inggris.



Temanya pun banyak mulai dari melihat video-video PewDiePie sampai channel-channel motivasi yang dapat membangkitkan semangat untuk mengarungi hidup ini.



Bicara tentang video motivasi entah itu cuplikan video atau pun audiobook ternyata memberikan manfaat yang luar biasa.



Setelah saya renungkan, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa saya ambil dari saluran motivasi seperti ini.



Berikut di antara


#1 Bahasanya sangat mudah dimengerti



Ya, bahasa yang digunakan biasanya sederhana karena penekanan sesungguhnya adalah agar orang yang mendengarnya menjadi mudah dalam menangkap apa yang ingin disampaikan.



Ini membawa keuntungan dari sisi kita sebagai language learner.



Why ?



Jawabannya adalah selain dapat mengembangkan listening skill kita tapi juga dapat meningkatkan soft skill kita atau secara keseluruhan dapat mengembangkan kepribadian dan hidup kita.





#2 Banyak mendapatkan kosa kata baru yang berkualitas



Ada yang bilang kalau kita sering berbicara dengan kalimat yang negatif maka hidup kita juga akan dipenuhi dengan hal-hal yang negatif.



Bila kita mendengarkan kata-kata motivasi atau ucapan atau quote dari para motivator ini kita akan selalu terkoneksi dengan hal yang positif.



Hal yang positif ini tentu saja dapat menyemangati hidup kita paling tidak untuk menjalani hari ini.



Oleh karena itu, kita perlu penambah semangat untuk terus berenergi sepanjang hari.





#3 Bisa mengisi waktu jeda



Entah itu Anda sebagai pelajar, mahasiswa atau seorang yang sudah bekerja seperti saya, tentunya selau punya waktu luang entah itu pada jam istirahat atau dalam perjalanan dari rumah menuju sekolah, kampus atau tempat kerja.



Anda bisa menggunakan waktu ini untuk mendengarkan audio motivasi atau streaming video motivasi berbahasa Inggris. 



Jadi sekalipun Anda lagi slow, tetap saja bisa terinspirasi dengan siraman semangat dari para motivator.





#4 Belajar dari orang sukses



Jika kita ingin sukses, kita harus belajar dari orang sukses.



Saya pribadi jika punya waktu luang, saya pasti akan mencari tips-tips dari para polyglot yang terbukti telah sukses dan kita bisa belajar banyak dari mereka.



Selain itu dari salah satu channel favorit saya, Evan Carmichael terutama Top 10 Rules for Success yang berisi cuplikan video speech dari tokoh-tokoh sukses seperti Bill Gates, Steve Jobs, Oprah W, Bruce Lee, and many more.








Setelah melihat beberapa manfaat yang bisa saya dapatkan dari menonton video motivasi seperti ini saya berkesimpulan bahwa 



Learning English is just a beginning for open a new level for your life.



Jadi, tahu bahasa Inggris itu ibarat membuka sampul sebuah buku saja.



Setelah itu, kita bisa mencari apa yang kita mau. 



Apa bidang yang paling saya minati sehingga saya bisa mengembangkan hidup kita ke arah yang lebih baik.



Kita semua pasti punya tujuan yang sama, yaitu mengembangkan diri termasuk juga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik (khusus bagi yang telah bekerja) atau kesempatan sekolah ke luar negeri.



Beginilah yang bisa saya rasakan bagaimana belajar bahasa Inggris sudah membawa saya selangkah lebih maju.



Dapat menikmati materi-materi belajar baru lewat Youtube sehingga dapat membuka wawasan baru tentang dunia luar agar lebih melek.



Dari video-video motivasi tersebut saya bisa belajar dari orang-orang hebat di bidangnya.



Mencoba sedikit mengintip bagaimana pandangan mereka terhadap dunia.



Tidak jarang itu membangkitkan gairah yang sudah loyo menjadi kembali menggebu-gebu layaknya api yang di siram minyak.



Selain itu, banyak hal bisa diakses secara bebas dan gratis sehingga terasa gampang untuk dipahami karena tidak semua yang ada di Internet tersedia dalam bahasa Indonesia.



Selain memudahkan saya mengakses video motivasi di atas, manfaat lain yang saya pikir telah berubah setelah memahami bahasa Inggris adalah





#1 Merasa santai untuk menonton dan mendengar apa pun




Saya masih teringat dulu, ketika saya kesulitan untuk mencari subtitle film dalam bahasa Indonesia.



Ketergantungan seperti itu tentu saja membuat kita menjadi tidak nyaman.



Beruntung sekarang, saya sudah mulai menonton video, film, lagu, audiobook tanpa ribet dengan subtitle atau teks terjemahannya.



Paling-paling ya subtitle Inggrisnya itupun kalau tingkat bahasanya yang berat, tapi kalau masih seputar bahasa umum saya sudah tidak lagi menggunakan bantuan apapun.


#2 Membaca blog atau ebook semakin gampang



Saya sangat suka membaca oleh karena itu tiap hari saya pasti menghabiskan minimal sejam untuk membaca.


tips belajar bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, book, diary belajar bahasa Inggris
via www.pixabay.com



Untuk blog sendiri saya lebih senang mengunjungi blog-blog para poliglot, sekali lagi karena saya tertarik untuk belajar dari mereka.



Biasanya saya akan berlangganan menjadi mail list mereka sehingga saya akan mendapatkan artikel terbaru mereka lewat email notification.



Bisa ditebak bahwa email saya berisi banyak pesan berbahasa Inggris.



Untuk ebook, novel pertama yang saya baca itu Harry Potter lalu sekarang kebanyakan buku tentang self-improvement book atau buku-buku tentang pengembangan diri. (termasuk buku The Secret yang fenomenal itu).




Oh ya untuk belajar bahasa asing lain seperti bahasa Spanyol dan Rusia saya juga menggunakan ebook bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.


Untuk berita saya lebih senang membaca Jakarta Post untuk koran lokal tapi rasa internasional.


#3 Bisa bicara bahasa Asing



Orang tidak akan diketahui menguasai bahasa tertentu atau tidak kalau ia tidak bisa berbicara bahasa tersebut.



Setidaknya berbicara beberapa potong kalimat bahkan terbata-bata sekalipun mengindikasikan bahwa saya sudah mampu bicara bahasa asing.



Ini tentu saja memberikan nilai lebih buat diri kita karena tidak semua orang pandai bicara bahasa asing terlebih kalau Anda bukan bekerja di institusi yang mengharuskan Anda belajar bahasa asing.





#4 Usaha membuahkan hasil




Tentu saja pencapaian yang telah saya sebutkan di atas adalah buah dari usaha saya belajar.



Ini mendobrak pemahaman bahwa ternyata saya juga bisa kok kalau berusaha dan selalu ada hasilnya.



Memang kadang kita harus juga bersikap realitis dalam menentukan hasil. Misalnya tidak ada orang yang dapat menguasai sebuah bahasa dalam satu malam.



Banyak aspek yang tanpa kita sadari telah menjadi hal yang menunjang keberhasilan kita.



Contohnya displin diri, komitmen, kerja keras, konsisten, tekad, semangat, motivasi, dll.



Jika kita bisa mengukur ini sebagai salah satu indikator keberhasilan maka kita bisa menggunakannya untuk bidang lain.



Artinya setiap usaha kita pasti membuahkan hasil.




Itulah sedikit ulasan bagaimana bahasa Inggris telah mengubah hidup saya.



Saya tahu saya harus masih terus belajar dan terus meningkatkan kemampuan saya.



Sekali lagi, bahasa Inggris just a beginning artinya masih ada big goal yang harus saya capai.



Semoga ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua, semoga apa yang sedang Anda pelajari sekarang dapat menghasilkan sesuatu di kemudian hari.



Salam Sergius Leski






Back To Top type='text/javascript'/>