Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

Belajar Percakapan Bahasa Inggris Lewat Prasa (Bagian 1)

Belajar Percakapan Bahasa Inggris Lewat Prasa (Bagian 1)


Dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari kita seringkali menjumpai ungkapan atau prasa.

Kalimat ungkapan dalam percakapan ini lebih sering digunakan daripada kebanyakan kalimat yang sering kita jumpai dalam buku pelajaran kita di sekolah yang menurut saya terlalu formal dan jarang digunakan dalam kehidupan nyata.

Hari ini saya menemukan 50 prasa bahasa Inggris yang amat familiar yang sering dipakai di film-film atau video youtube.

Ini secara tidak langsung menambah vocabulary bahasa Inggris saya.

Ya saya pribadi lebih senang menambah daftar prasa seperti ini daripada membuat daftar kata demi kata.

Mengapa saya lebih senang mengoleksi daftar prasa daripada daftar kata yang panjang?

Alasannya sederhana karena saya tidak perlu mengartikan kata-kata tersebut.

Lho, maksudnya gimana ?!

Iya, menghafal prasa bagi saya cukup menyesuaikan dengan situasinya tanpa perlu mengartikan tiap kata di dalamnya.

That's simple, right !

Nah, seperti kumpulan prasa dan ungkapan di bawah ini, saya tidak menghafalkan apa artinya satu per satu melainkan mencoba mengira-ira atau menebak dimana dan di situasi apakah prasa ini bisa diterapkan.

Misalnya, Don't worry ! 

atau 

Take it easy bro !

Saya menggunakan prasa ini untuk ketika berada pada situasi dimana teman saya terlihat cemas atau tegang dengan kondisinya.

Jadi saya tidak perlu mengartikan take it easy kata per kata. 

Berikut prasa-prasa bahasa Inggris koleksi saya hari !







1 . I don't mind. 
2 . I think so.  
3 . You'll make it.
4 . That's the whole point.
5 . Easy!
6 . Calm down.
7 . Don't worry. Relax.
8 . It makes things easier.
9 . I haven't given it much thought.
10 . It serves you / smb. right.
11 . You'll hear from me.
12 . It's going to be all right.
13 . You bet!
14 . — Do you want me to help you? — You bet!
15 . Sounds good to me.
16 . Time's up.
17 . Hear me out!
18 . I couldn't reach you.
19 . Let happen whatever would happen.
20 . It never crossed my mind (that)...
21 . Don't mention that.
22 . I don't give a damn / a shit

23 . Tell him whatever you want, I don't give a shit.
24 . Get out of my way.
25 . Get lost. 



26 . You have a point there.
27 . I mean it.
28 . I want to buy your house. I mean it.
29 . Let's get to the point. Let's hold to reason.
30 . So far so good.
31 . It's not that I don't...
32 . It was not that he didn't love her.
33 . Don't be silly.
34 . You know better than that.
35 . Don't worry, I can make it on my own.
36 . Not likely. Unless ...
37 . No reason in particular.
38 . Why do you ask?
39 . Suit yourself.
40 . Suit yourself, but I've got a work to do and I won't go to...
41 . It never occurred to me that...
42 . I meant only the best.
43 . Tend to your own affairs.
44 . Think it over.
45 . Coffee? — If it is no bother.
46 . You are on the right track.
47 . Come on. Let's get this over with.
48 . Whatever is to be will be.
49 . Here's what we'll do.
50 . It beats me. 


Jujur saya juga belum hafal semua prasa di atas. 😎 

Saya juga tidak berniat menghafal semua, cukup beberapa ungkapan yang rasanya sering saya dengar atau saya temukan selama ini.

Selain itu, ini semakin membuat saya belajar bahasa Inggris lebih natural dan tidak bikin pusing kepala.

Bahkan ketika saya menulis postingan ini pun saya coba-coba berpikir dimana kiranya prasa ini bisa diselipkan.


Oh ya, dari gambar di atas kalian bisa sekalian belajar bahasa Rusia.
Bagi yang belum tahu, kalimat yang berada di sebelah kanan adalah arti kalimatnya dalam bahasa Rusia.
Mengapa bisa nyasar ke bahasa Rusia?
Ya teman-teman bisa baca kisah saya belajar bahasa Rusia beberapa waktu lalu.


Baca : Diary belajar bahasa Rusia


Dari sekian banyak prasa di atas, manakah yang paling sering kalian pakai?
Back To Top type='text/javascript'/>