Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

Bagaimana seharusnya kita belajar bahasa Inggris


I think that language learning should be fun and exciting for you as a learner. If it isn't then you really need to spend time revisiting methods, tools and your overall approach. It should never feel like a chore. ~ CHRIS (Actual Fluency)

Apa yang telah kita lakukan selama ini ketika belajar bahasa Inggris?

Seringkali kita malah merasa tertekan, entah itu karena tuntutan dari sekolah maupun tekanan yang timbul akibat rasa frustrasi karena progres belajar kita hanya jalan ditempat.

Kutipan kalimat dari Chris di atas menyampaikan pesan yang sangat jelas bahwa mempelajari bahasa baru SEHARUSNYA menyenangkan bukan malah membebani diri sendiri.

Namun bagaimana jika tidak menyenangkan?

Kita harus mencari cara baru bagaimana menciptakan kesenangan itu, entah dengan memperbaharui atau mengubah metode belajar.

Misalnya untuk melatih kemampuan listening, kita tidak harus mencari audio pelajaran bahasa Inggris, kita juga bisa menonton video di youtube atau sekedar mencari lagu-lagu berbahasa Inggris.


Atau untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menambah kosa kata, kita tidak harus terpaku pada teks book, kita bisa membaca berita, artikel, atau novel berbahasa asing lainnya.

Jadikan aktivitas belajar bahasa kita menyenangkan bukan menjadi sebuah tuntutan.

Saya pribadi setiap hari aktif menonton video speech seperti TED atau tips-tips belajar bahasa di Youtube. Jika tidak sempat saya membaca artikel dari blog-blog poliglot atau membaca artikel terbaru dari aplikasi smartphone.

Khusus di smartphone saya menginstall aplikasi Curiosity yang selalu mengupdate artikel terbaru dari topik-topik berbeda.

Atau ada kalanya saya hanya membaca email dari blog-blog langganan saya.

Jadi sekarang, saya tidak lagi membebani diri dengan belajar grammar saja tapi juga melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

Bahkan saya berencana untuk menghafal satu lagu dalam bahasa asing setiap minggu.

Selain menyenangkan juga dapat menambah keterampilan berbahasa saya.

Saya tidak tahu bagaimana cara teman-teman belajar selama ini, namun jika masih menganggapnya sebagai beban inilah saatnya untuk mulai mencari cara yang paling santai untuk mempelajarinya.

Saya pribadi lebih senang belajar dengan menggunakan lagu. Saya menggunakan cara ini dalam belajar bahasa Spanyol.

Saya merasa lebih enjoy mendengarkan lagu sambil ikut bernyanyi dengan membaca liriknya.



Bagaimana cara kalian belajar bahasa Inggris?

Yuk share di kolom komentar !


Happy learning !
Back To Top type='text/javascript'/>