Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

Trik Menulis Cepat untuk Ngeblog Menggunakan Smartphone

Trik Menulis Cepat untuk Ngeblog Menggunakan Smartphone

Beberapa waktu lalu saya pernah mendiskusikan apa sih tantangan seorang blogger?
Beberapa ada yang menjawab, tidak punya waktu untuk menulis.
Dapat dipahami bahwa banyak penulis blog bukanlah blogger full time yang standby 24 jam di depan komputer.
Kebanyakan hanya numpang nyambi aja. Karena bukan hal yang utama sering kali, menulis dilakukan di malam hari dan sering kali dengan kondisi capek sehingga muncullah pendapat tidak ada waktu.
Hal ini bukan tanpa solusi.
Saya melihat ini sebagai tantangan untuk meningkatkan kemampuan menulis.
Dengan kemampuan menulis dengan cepat otomatis kita tidak perlu lagi waktu berjam-jam.
Tidak hanya itu, ini akan memberikan manfaat untuk bisa mengerjakan banyak tugas dengan cepat pula.

Bagaimana cara agar bisa menulis dengannya cepat?

Jika kalian menggunakan komputer atau laptop, coba dech mulai belajar mengetik dengannya 10 jari.
Ada beberapa software komputer yang bisa melatih kita mengetik sepuluh jari ini.
Konon bahkan ada perusahaan yang memberi syarat dalam menerima karyawannya untuk bisa memetik dengan 10 jari ini.
Alasannya jelas untuk menunjang efektivitas kerja.
Namun bagaimana dengannya menulis cepat dengan menggunakan smartphone?
Ya, saya yakin banyak juga teman-teman blogger yang tidak memiliki alat laptop atau PC.

Bagaimana mengetik cepat di smartphone?

Sejak 2 minggu yang lalu, saya Ngeblog menggunakan smartphone. Mengetik di keyboard Google.
Mungkin kelihatannya rumit terlebih jika kita harus mempostingkan tulisan yang panjang.
Namun, nyatanya saya bahkan mampu menulis postingan di atas seribu kata tiap postingan lewat keyboard beam di Android saya.
Mungkin banyak yang bertanya, "apa gak keriting jari mengetik tulisan sebanyak itu?"
Jawabannya tidak karena pada dasarnya saya tidak mengetik tapi hanya mengusap-usap keyboard-nya.
Ya, saya menggunakan fitur gesture bawaan keyboard tadi sehingga tidak lagi mengetik huruf satu-satu.
Bagaimana dengannya durasi waktu menulis?
Rata-rata untuk tiap postingan dengan jumlah seribu kata, biasanya menghabiskan waktu satu sampai dua jam.

Cara menggunakan keyboard gesture

Sangat gampang, yaitu dengannya mengusap huruf yang ingin kita bentuk katanya.
Beberapa kata mungkin masih sering salah prediksi, tapi dengan semakin seringnya kita menggunakan fitur ini, perbendaharaan kata tersebut semakin bisa memprediksi senang benar.
Terlebih jika menggunakan kata bahasa Inggris, tingkat prediksi katanya tinggi jadi lebih mudah dan cepat dalam penggunaannya.

Lumayan dengan cara ini saya tetap bisa menulis dan mengisi blog ini tanpa bergantung menggunakan komputer dan laptop.

Aplikasi yang saya gunakan untuk mengetik di smartphone

Ada beberapa aplikasi yang saya gunakan, yaitu Evernote, Simple Note, dan WriterP yang semuanya bisa di downloads secara gratis di Google Play Store.
Namun saya lebih banyak menggunakan WriterP, karena selain simple juga ringan serta bisa digunakan secara offline.
Hasil tulisan ini kemudian saya copykan ke blogger.
Nah itu tadi, sharing Bagaimana caranya untuk bisa menulis cepat agar bisa tetap bisa ngeblog hari.
Sebenarnya blog hanya sebagai media publikasi saja, yang terpenting bagaimana kita bisa menulis setiap hari karena menulis memberikan manfaat yang luar biasa.
Back To Top type='text/javascript'/>