Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

Jadwal Belajar Bahasa Asing di tahun 2017

Jadwal Belajar Bahasa Asing di tahun 2017

Happy new year !
¡ Feliz Año Nuevo !
С Новым годом !
Selamat Tahun Baru !
Tahun baru, semangat baru dan harapan baru.
Ya semoga tahun ini membawa perubahan dalam hidup.
Di awal tahun ini, saya ingin membagikan jadwal belajar bahasa yang akan saya jalani beberapa bulan ke depan ( mudah-mudahan bisa sampai setahun dech).
Jika tahun lalu saya masih berkutat dengan belajar bahasa Inggris, tahun ini saya berencana untuk mempelajari dua bahasa asing lain secara bersamaan, yaitu bahasa Spanyol dan bahasa Rusia.
Lalu bagaimana dengan bahasa Inggris saya?
Untuk mempelajari dua bahasa di atas saya menggunakan sumber-sumber berbahasa Inggris.
Jadi saya tetap belajar dan berhubungan dengan bahasa Inggris.
Saya tetap akan berlatih meningkatkan pemahaman tentang grammar dan menambah vocabulary.
Karena ada dua bahasa yang akan dipelajari, maka saya perlu jadwal untuk bisa menaklukkannya atau setidaknya untuk bisa menyesuaikan diri.
Namun sebelum itu, saya mempersiapkan hal-hal yang akan dipakai guna menunjang pembelajaran tersebut.
Oh ya, saya rencananya masih menggunakan cara belajar mandiri alias otodidak dulu. Nanti kalau memang untuk hal serius seperti harus studi keluar baru dech ikut les atau kursus. (Ngarep bisa kuliah di luar negeri) ^_^

Materi-materi belajar bahasa asing

Dua bahasa ini, memiliki akar bahasa yang berbeda satu masuk kategori Romance Language satu lagi masuk Slavic Language jadi saya menggunakan dua strategi yang berbeda.
Untuk bahasa Spanyol karena pengucapannya cenderung sama dengan penulisannya (walau pun ada yang berbeda) maka sedikit lebih mudah daripada bahasa Rusia yang memiliki abjad sendiri sehingga harus belajar membaca tiap kata layaknya anak SD dengan cara mengeja huruf demi huruf.
Berikut beberapa materi dasar yang saya gunakan
  • saya mendownload aplikasi phrases di Android, ini bertujuan untuk menguasai materi dasar percakapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ungkapan dasar, angka, nama hari, bulan, benda, dsb.
  • saya masih menggunakan aplikasi Google translate tidak hanya untuk mencari tahu arti sebuah kata tapi juga untuk belajar pengucapan katanya terlebih untuk bahasa Rusia.
  • Saya menggunakan aplikasi Stitcher untuk mendownload file-file podcast. Sementara sejauh ini saya mendengarkan podcast yang saya aktif saya dengar adalah Spanish101 dan Russian101 dengan pengantar bahasa Inggris. (Tetap bisa meningkat listening skill bahasa Inggris saya)
  • Download aplikasi Anki untuk memasukkan atau mereview kata-kata baru.
  • Saya juga mendownload beberapa ebook untuk belajar bahasa Rusia dan Spanyol dari Google. Tidak lupa juga menjelajah dan membookmark beberapa situs-situs yang membahas tema serupa.
  • Untuk bahasa Spanyol saya juga mendownload video Telenovela dan beberapa lagu Meksiko seperti Jesse y Joy. Sedangkan untuk Rusia, saya baru mendapat referensi untuk mencari dan mengoleksi film kartun Masha and The Bear setelah menontonnya di ANTV kemarin pagi.

Baca :


Jadwal belajar bahasa asing

Agar tidak bosan saya membuat jadwal ini selang seling, artinya kalau hari ini Rusia besok Spanyol. Kecuali hari Sabtu Minggu. Sabtu saya khususkan untuk belajar grammar Bahasa Inggris. Minggunya libur dulu dech buat ndak edan.
Tiap bahasa jadwal belajarnya seperti ini.
  • Bangun pagi mendengarkan podcast, kurang lebih 15 sampai 30 menit.
  • Belajar phrases yang ada, untuk setiap topik bahasan. Phrases ini lalu di catat manual, selanjutnya di ketikkan lagi ke dalam aplikasi Anki untuk di pelajari kembali. Waktunya bisa satu jam atau satu jam setengah.
  • Untuk bahasa Spanyol, membaca paling tidak satu artikel surat kabar online, seperti El País atau El Mundo. Biasanya berita bola aja, biar lebih ringan bahasanya. Catat kata yang tidak dimengerti lalu simpan juga di Anki.
  • Malamnya review kata-kata yang sudah di masukkan ke dalam aplikasi Anki tadi.
Karena saya masuk kerja siang, maka tiga poin pertama saya kerjakan di pagi hari.
Untuk bahasa Rusia sendiri, saya menitikberatkan pada listening karena kita tidak pernah tahu kata tersebut bagaimana membacanya karena spellingnya akan mengikuti penekanan kata.
Misalnya kata Хорошо (artinya Fine), kalau di baca berdasarkan huruf harusnya 'Korosho' tapi yang benar adalah 'Karasho'. Bukankarasha
Kata ini bisa berubah berdasarkan penekanan, nah bagi kita yang belum familiar dengan kata atau kalimat ini kita tidak tahu dimana letak penekanannya. Jadi harus lebih banyak listening.
Ya diary belajar kedua bahasa ini mungkin akan saya dokumentasikan sendiri. Sssttt... Saya juga terobsesi untuk belajar bahasa asing lainnya tapi targetnya dua bahasa aja sih pertahun.
Alasan mengapa jadwal belajar bahasa asing ini saya bahas di sini karena mengingat bahasa yang digunakan bahasa Inggris jadi dokumentasinya di sini.
Inilah salah satu resolusi yang akan saya lakukan di tahun ini, entah nanti hasil akhirnya seperti apa, yang penting prosesnya bisa berjalan dengan baik.
Akhir kata selamat tahun baru.
Kalian punya resolusi baru?
Yuk share !
Back To Top type='text/javascript'/>