Blog ini menyediakan materi dan tips untuk belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

...

12 Cara saya belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris, listening, tips belajar bahasa Ingris, cara belajar bahasa inggris, belajar bahasa inggris gratis, belajar ototdidak,
Ilustrasi "Belajar Bahasa Inggris"

12 Cara saya belajar Bahasa Inggris




12 Cara saya belajar bahasa Inggris.
Seperti kebanyakan orang Indonesia, bahasa Inggris bukanlah salah satu pelajaran favorit di sekolah. 

Dulu ketika saya masih berada di bangku sekolah bahkan saat  di bangku kuliah pun, nilai bahasa Inggris saya sangat jelek. Faktor yang paling mendasar adalah tidak ada keinginan untuk belajr dengan serius dan memang tidak ada motivasi ke arah sana. 

Tapi sekarang kondisinya berubah, saya sedang berjuang belajar bahasa Inggris. Saya tidak ikut les ataupun kursus bahasa Inggris karena saya ingin mencoba cara sendiri karena saya merasa ikut kelas-kelas formal seperti itu pada akhirnya malah akan menimbulkan tekanan. 

Jadi yang akan saya sharingkan kali ini adalah cara saya belajar bahasa Inggris secara mandiri atau belajar secara otodidak.

Dalam belajar bahasa Inggris saya belajar dari banyak sumber belajar dan semuanya saya dapatkan dengan cuma-cuma tanpa biaya sepeser pun alias GRATIS ! 

Jadi kalau ada teman-teman yang sedang atau ingin belajar bahasa Inggris dengan gratis maka kalian tidak salah alamat kalau sampai datang ke blog ini

Karena semua yang saya  sharingkan di sini gratis dan bisa kalian sharingkan juga untuk teman-teman yang lain. Adapun cara-cara yang saya tempuh dalam belajar bahasa Inggris adalah :


1. Mendengarkan musik dan mencari tahu liriknya

Mendengarkan adalah aktivitas yang sebetulnya sangat mudah dilakukan dan ini adalah kegiatan yang sering saya lakoni.

Dari mendengarkan musik ini saya melatih listening dan pengucapan sekaligus mencoba memahami arti dari liriknya. 

Contoh lagu yang liriknya mudah adalah Secondhand Serenade - Your Call.




2. Membaca tips-tips belajar bahasa Inggris dari blog-blog

Untuk menambah referensi cara belajar bahasa Inggris, saya mencoba mencari tips-tips bagaimana caranya belajar bahasa Inggris

Berkunjung ke blog lain adalah salah satu rutinitas yang sangat sering saya lakukan. 

Belakangan ini saya lebih senang mengunjungi blog-blog para polyglot dan mencari tahu tips-tips bagaimana mereka bisa belajar bahasa terutama karena mereka fasih dalam menggunakan berbagai bahasa. 

Contoh blog yang saya sering kunjungi Language Mastery.

3. Membaca surat kabar online

Membaca surat kabar mungkin tidak selalu saya lakukan karena memang bahasanya kadang susah dimengerti. Ya tidak jauh berbeda dengan surat kabar di negara kita. The New York Times adalah salah surat kabar online yang sering saya kunjungi.



4. Membaca komik online

Membaca komik adalah salah satu favorit saya. Jika sebelumnya saya membaca komik online yang berbahasa Indonesia sekarang saya memaksa diri untuk membaca komik berbahasa Inggris. Situs yang biasa saya kunjungi adalah www.hellocomic.com dan mangafox.me.



5. Membaca novel

Saya sangat terinspirasi dari sebuah bacaan yang mengatakan bahwa di Malaysia, novel-novel asing tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Malay. Jadi kalau tertarik dan ingin membaca, ya mau tidak mau harus siap-siap kamus untuk menterjemahkan. Novel pertama yang mampu saya selesaikan ceritanya dalam bahasa Inggris adalah novel Harry Potter "The Sorcerer's Stone". Tapi sebelumnya saya juga membaca novel grade reader dari level 1 (paling mudah)  sampai level 3. Silahkan googling untuk mencari novel grade reader yang biasanya lebih pendek.



6. Bermain Game

Bermain game konon juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena setiap perintah atau intruksinya dalam bahasa Inggris. Saya menggunakan visual novel karena memang ini novel yang di visualkan. Kalian bisa mendownload visual novel di Eroge



7. Menonton film

Menonton film, sebenarnya membawa efek dalam belajar bahasa Inggris. Berbeda dengan belajar dari lirik lagu, belajar dari film itu terkesan lebih real karena percakapan mereka sangat natural dan sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Film-film dengan genre romantic dan drama menurut saya paling cocok karena lebih menekankan percakapan.



8. Menonton video di youtube

saya sering menggunakan youtube sebagai media belajar, termasuk saya mendownload cerita-cerita yang dibuat versi videonya jadi lebih menarik. Selain itu juga saya sering mencari tips-tips dari youtube atau sekedar melatih listening saya. Video yang sering saya lihat adalah TED.

9. Mendengarkan podcast

Podcast mungkin masih terdengar asing. Podcast adalah sejenis file yang bisa kita download dengan format mp3. Temanya pun bermacam-macam tergantung minat. Saya pribadi punya banyak koleksi podcast dari "Teacher Luke Podcast" (aksen british). Mendengarkan podcast ini adalah salah satu cara untuk melatih pendengaran kita.

Baca : 25 Cara Melatih listening skill



10. Mendownload aplikasi android

Saya rasa banyak diantara teman-teman menggunakan smartphone. Saya sendiri menggunakan android murah untuk mendownload beberapa aplikasi "Belajar bahasa Inggris" atau "Learning English" di PlayStore.

Baca : 12 Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris




11. Berbicara dengan teman

Apalah artinya belajar tanpa dipraktekkan. Teman adalah salah satu orang yang bisa diajak kerja sama untuk belajar. Misalnya dengan chatting di facebook atau coba-coba memulai percakapan dengan bahasa Inggris. Salah benar itu urusan nanti yang penting berani dulu.



12. Berdoa

Yang terakhir adalah selalu berdoa agar setiap usaha yang saya lakukan hendaknya diberkati oleh Tuhan.




Nah, kira-kira itu tadi cara-cara yang saya tempuh dalam belajar bahasa Inggris. 

Sebagian besar saya memanfaatkan media internet untuk belajar dan akan saya sharingkan di blog Diary Belajar Bahasa Inggris ini.

Jadi hanya modal pulsa modem saja. Bagaimana dengan kalian, silahkan sharing di kolom komentar.

Back To Top type='text/javascript'/>